Apakah Anda tertarik mengikuti lelang? Proses jual beli barang atau jasa dengan penawaran harga tertinggi masih banyak dicari oleh masyarakat. Dalam praktiknya, langkah-langkah ini menawarkan kepada penawar harga minimum terlebih dahulu dan kemudian, seiring waktu, penawar lain bersaing dengan harga tinggi satu sama lain.

Dalam perekonomian, lelang memiliki batasan waktu, harga minimum dan maksimum, serta aturan khusus tentang siapa yang akan menjadi pemenang. Sedangkan peserta lelang biasanya tidak mengetahui identitasnya.

Sebelum ekspansi Internet, lelang dilakukan langsung dengan partisipasi penjual dan penawar. Namun lambat laun kegiatan ini semakin berkembang, bahkan dapat dilakukan melalui telepon maupun online.

Perkembangan teknologi memungkinkan semua orang berpartisipasi dalam pelelangan. Bahkan mereka yang tinggal jauh pun bisa tawar-menawar. Lelang online menjadi tren baru yang menarik perhatian. Selain tidak harus menempuh perjalanan jauh, Anda bahkan bisa memantau harga yang ditawarkan penawar.

Hal yang Mendorong Perkembangan Lelang Online

  • Antusiasme Milenial

Generasi milenial sangat erat kaitannya dengan teknologi. Setiap aspek kehidupan mereka dipengaruhi oleh pengaruh digital, sehingga semuanya bisa dilakukan secara instan. Termasuk yang baru-baru ini muncul, yaitu lelang online.

Adanya lelang online telah meningkatkan minat generasi milenial terhadap dunia lelang. Mereka bisa menawar di mana saja, kapan saja hanya dengan menggunakan layar gadget. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menawar atau menawar barang atau jasa tanpa harus melakukan perjalanan ke lokasi.

  • Keuntungan Lelang Online

Awalnya, lelang internet diselenggarakan oleh pemerintah sebagai bentuk kemudahan bagi masyarakat. Karena perkembangannya yang sangat pesat badan usaha swasta agar tidak mau kalah dengan entitas ekonomi lainnya juga sedang membuat balai lelang online.

Doxa Manurung, selaku ketua Persatuan Balai Lelang Indonesia (Perbali), mengatakan lelang online membawa banyak manfaat bagi penjual dan pembeli.

Dalam diskusi di Kantor Direktorat Jenderal Barang Milik Negara, dia mengatakan tindakan ini akan memudahkan penjual mendapatkan informasi baik dari jadwal maupun tempat lelang. Selain itu, mereka juga bisa menjual asetnya dengan harga jual terbaik.

Mengingat lelang online melibatkan banyak orang dari seluruh dunia dan selalu update, ada kemungkinan barang yang dijual akan tertantang oleh calon pembeli. Kemudian keuntungan yang didapat pembeli adalah kemampuan untuk melihat jadwal, lokasi dan katalog barang yang akan dilelang. Mereka juga tidak harus datang ke situsnya, karena bisa dilakukan dimana saja.

  • Kondisi Barang Lelang

Terkadang salah satu hal yang membuat seseorang enggan menawar adalah kondisi barang yang tidak sesuai ekspektasi. Meskipun mereka membayar mahal untuk itu.

Apalagi dalam lingkup lelang online, penawar tentunya tidak bisa mengetahui langsung barangnya apa. Hal itulah yang menyebabkan mereka khawatir untuk melontarkan penawaran karena tidak mau rugi dengan barang yang dibelinya. Tapi jangan khawatir, balai lelang sudah mengecek dan menginspeksi langsung barang tersebut sebelum diserahkan ke penawar.

Seperti halnya LBID, salah satu balai lelang yang membagikan informasi terkait barang lelang di situs mereka beserta rating tag pada foto mobil tersebut. Mereka akan memastikan bahwa semua barang dalam kondisi baik dan sesuai dengan harga.

Lelang online merupakan terobosan baru dalam dunia lelang. Penawar bisa menawar dimanapun dan kapanpun, jadi tidak perlu lagi datang ke situs. Selain itu, kondisi barang yang diperiksa sebelumnya tentu tidak akan mengecewakan pihak pemberi penawaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *